Kompetensi Lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Musi Rawas Lubuklinggau

1. KOMPETENSI LULUSAN PROGRAM STUDI MANAJEMEN (S1)

A. Kompetensi Utama Lulusan

1). Memiliki kepribadian bangsa dan kemantapan ideologis yang berlandaskan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME.

2). Mampu memahami dan mengimplementasikan dasar-dasar ilmu manajemen dalam organisasi dan bisnis.

3). Mampu memahami dan mengimplementasikan prinsip dasar manajemen pemasaran dalam organisasi dan bisnis.

4). Mampu memahami dan mengimplementasikan prinsip dasar manajemen operasional dalam organisasi dan bisnis.

5). Mampu memahami dan mengimplentasikan prinsip dasar manajemen keuangan dalam organisasi dan bisnis.

6). Mampu memahami dan mengimplementasikan prinsip dasar manajemen sumber daya manusia (SDM) dalam organisasi dan bisnis.

7). Mampu memahami dan mengimplementasikan prinsip dasar keuangan dan perbankan dalam organisasi dan bisnis.

8). Memiliki kemampuan penguasaan teknologi dan informasi untuk mendukung dalam dunia usaha / industri dan bisnis.

9). Mampu melakukan penelitian dan menghasilkan karya ilmiah yang sesuai dengan standar nasional dalam bidang Manajemen.

B.  Kompetensi Pendukung Lulusan

1). Mampu mengidentifikasi dan menganalisis serta mengambil keputusan manajerial terhadap masalah operasional di organisasi dan bisnis.

2). Mampu mengidentifikasi dan menganalisis serta mengambil keputusan manajerial terhadap masalah keuangan di organisasi dan bisnis.

3). Mampu mengidentifikasi dan menganalisis serta mengambil keputusan manajerial terhadap masalah pemasaran di organisasi dan bisnis.

4). Mampu mengidentifikasi dan menganalisis serta mengambil keputusan manajerial terhadap masalah SDM di organisasi dan bisnis.

5). Mampu mengidentifikasi dan menganalisis serta mengambil keputusan manajerial terhadap masalah manajemen keuangan dan perbankan.

6). Memiliki integritas, kedisiplinan, daya kritis, kepercayaan diri, kemandirian, kematangan emosi, sikap kooperatif, dapat dipercaya, dan empatik, serta mempunyai etos kerja yang tinggi dan melaksanakan usaha terbaiknya dalam setiap kegiatan.

7). Lulusan mempunyai pengetahuan, kemampuan dan kebiasaan dalam menggunakan teknologi informasi untuk mendukung kegiatannya secara lebih produktif dan inovatif dalam rangka mengikuti kemajuan  perkembangan jaman.

C.  Kompetensi Lainnya Sesuai Pilihan Lulusan

1). Mampu mengaplikasikan media Teknologi dan Informasi Komunikasi (TIK) untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas dan aktifitasnya.

2). Mampu menjunjung tinggi dan mengimplementasikan nilai moral dan etika yang sesuai dengan norma agama dan budaya masyarakat.

3) Memiliki kesadaran dan tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan untuk membangun kehidupan yang damai berdasarkan sistem nilai lokal dan nasional serta norma agama.

4). Memiliki jiwa kewirusahaan dan kepekaan terhadap isu-isu manajemen dan bisnis serta memiliki daya juang dan nilai kebersamaan dalam memajukan kesejahteraan luas dengan tetap mengacu pada nilai budaya masyarakat dan norma agama

2. KOMPETENSI LULUSAN PROGRAM STUDI AKUNTANSI (S1)

A. Kompetensi Utama Lulusan Program Studi

Kompetensi utama lulusan didasarkan pada aspek standar kompetensi lulusan yang meliputi pengetahuan, sikap, keterampilan umum dan keterampilan khusus.

1). Pengetahuan

Sebagai dasar pengetahuan seorang lulusan program studi akuntansi STIE MURA maka lulusan perlu diberikan bekal pengetahuan yang berkaitan dengan pengetahuan umum. Oleh karena itu pengetahuan umum yang dibutuhkan meliputi Matematika Ekonomi dan Bahasa Indonesia.

2). Sikap

Lulusan Program Studi Akuntansi STIE MURA  perlu diberikan mata kuliah yang berkaitan dengan sikap/Etika.  Oleh karena itu lulusan Program Studi Akuntansi STIE MURA  harus memiliki etika/moral yang baik di dunia kerja dan masyarakat (publik), maka lulusan Program Studi Akuntansi harus dibekali  mata kuliah yang meliputi Pendidikan Kewarganegaraan dan Pendidikan Agama.

3). Keterampilan umum

Sebagai dasar Keterampilan umum seorang lulusan program studi akuntansi STIE MURA maka perlu diberikan keterampilan yang bersifat umum yang berkaitan dengan  kemampuan berkomunikasi menggunakan bahasa inggris dan merencanakan strategi-strategi yang diperlukan perusahaan tempat lulusan bekerja.

4). Keterampilan Khusus

Lulusan Program Studi Akuntansi perlu diberikan bekal keterampilan yang bersifat khusus dibidang akuntansi  yang berkaitan dengan penyusunan laporan keuangan dan menganalisa laporan keuangan serta bertanggung jawab atas laporan keuangan tersebut.

B. Kompetensi Pendukung Lulusan

Kompetensi pendukung didasarkan pada aspek standar kompetensi yang juga  meliputi pengetahuan, sikap dan keterampilan umum dan keterampilan khusus.

1). Pengetahuan

Sebagai dasar pengetahuan seorang lulusan program studi akuntansi STIE MURA maka lulusan perlu diberikan bekal pengetahuan yang berkaitan dengan pengetahuan-pengetahuan pendukung lainnya yang berkaitan dengan pengetahuan ekonomi secara umum. Mata kuliah yang mencerminkan pengetahuan terdiri dari mata kuliah ekonomi mikro, ekonomi makro, metodologi penelitian, pengantar bisnis dan pengantar manajemen.

2). Sikap

Kurikulum dalam Prodi Akuntansi yang mencerminkan sikap sehingga mahasiswa termotivasi, respon positif peduli dan partisipatif, sikap terbuka, tanggap terhadap kemajuan ilmu dan pengetahuan akuntansi. Hal ini terkandung dalam mata kuliah etika profesi, keuangan perusahaan, seminar akuntansi dan tata kelola perusahaan.

3). Keterampilan Umum

Sebagai dasar Keterampilan umum seorang lulusan program studi akuntansi STIE MURA maka perlu diberikan keterampilan yang bersifat umum yang berkaitan dengankemampuan mengoperasikan dan mengaplikasi komputer yang berbasis akuntansi komputer (MYOB) serta mampumembuat laporan keuangan khusus untuk perusahaan manufaktur.

4). Keterampilan Khusus

Keterampilan khusus yang harus dimiliki oleh lulusan program studi akuntansi STIE MURA adalah harus memiliki skill dasar dalam bidang akuntansi dan perpajakan.

C. Kompetensi Pendukung Lainnya

Kompetensi lainnya didasarkan pada aspek standar kompetensi yang juga  meliputi pengetahuan, sikap dan keterampilan umum dan keterampilan khusus.

1). Pengetahuan

Lulusan Program Studi Akuntansi  STIE MURA  selain menguasai ilmu akuntansi juga harus menguasai ilmu-ilmu yang berkaitan peraturan-peraturan yang ada di dunia bisnis serta dapat menghitung dan menganalisa perputaran ekonomi. Mata kuliah yang mencerminkan  pengetahuan terdapat pada mata kuliah hukum bisnis dan statistik ekonomi.

2). Sikap

Lulusan Program Studi Akuntansi STIE MURA  perlu diberikan mata kuliah yang mempunyai nilai pengabdian pada masyarakat. Hal ini perlu dilakukan karena lulusan nantinya akan terjun di masyarakat. Adapun mata kuliah yang menceminkan Sikap terdapat pada mata kuliah praktek kerja lapangan, kuliah kerja nyata, seminar proposal dan skripsi.

3). Keterampilan Umum

Lulusan program studi akuntansi harus berkompetensi didunia kerja. Untuk mendukung kompetensi tersebut diperlukan mata kuliah yang memiliki keterampilan  umum seperti dapat berwirausaha, dapat mengambil keputusan layak/tidaknya usaha itu dijalankan.

4). Keterampilan Khusus

Lulusan Program Studi Akuntansi selain menguasai pengetahuan umum dibidang  ilmu akuntansi, mereka harus memilih mata kuliah akuntansi lainnya yang sesuai dengan kemampuan dan keinginan dari lulusan tersebut.

3. KOMPETENSI LULUSAN PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN (S2)

A. Kompetensi Utama

Kompetensi Utama pada Program Studi Magister Manajemen STIE MURA disusun dengan mengacu pada Kurikulum KKNI yang memiliki 2 (Dua) Unsur :

1). Penguasan Pengetahuan

a. Menguasai pengetahuan yang mendalam pada bidang Manajemen (SDM, Keuangan, Pemerintahan, dan Pendidikan)

b. Menguasai konsep-konsep pengelolaan Manajemen (SDM, Keuangan, Pemerintahan, dan Pendidikan)

c. Menguasai konsep-konsep analisis Manajemen (SDM, Keuangan, Pemerintahan, dan Pendidikan)

2). Keterampilan Khusus

a. Mampu mengembangkan pemikiran  logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis, dan mempublikasikan tulisan dalam jurnal ilmiah

b. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya

c. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas

d. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan

e. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora

f. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas

g. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri

h. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

B. Kompetensi Pendukung

Kompetensi Pendukung pada Program Studi Magister Manajemen STIE MURA disusun dengan mengacu pada Kurikulum KKNI yang memiliki 1 (Satu) unsur (SIKAP) yaitu :

1). Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius

2). Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika

3). Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik

4). Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

5). Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kemampuan manajerial

6). Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain

7). Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

8). Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara

9). Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa

10). Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila

11). Menginternalisasi nilai-nilai Pascasarjana Magister Manajemen STIE MURA

C. Kompetensi Pendukung Lainnya

Kompetensi Utama pada Program Studi Magister Manajemen STIE MURA disusun dengan menacu pada Kurikulum KKNI yang memiliki 1 (Satu) Unsur (KETERAMPILAN UMUM) yaitu :

1). Mampu memecahkan permasalahan manajemen dengan menganalisis dan mengimplementasikan memformulasikan kajian kajian manajemen dan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, sosial, kultural, lingkungan, dan menghargai HAKI

2). Mampu melakukan pendalaman atau perluasan keilmuan di bidang manajemen untuk memberikan kontribusi original dan teruji melalui riset secara mandiri

3). Mampu memformulasikan ide-ide baru dari hasil riset yang dilaksanakan untuk pengembangan teknologi informasi di bidang yang ditekuni

4). Mampu memformulasikan ide-ide baru dari hasil riset yang dilaksanakan untuk pengembangan teknologi di bidang yang ditekuni

5). Mampu mengadaptasi perkembangan ilmu pengetahuan atau teknologi yang terjadi pada proses pelaksanaan dan substansi riset dibidang yang ditekuni